Daftar Pekan Literasi 2018

Literasi hari ini menjadi salah satu elemen dalam pembangunan nasional. Literasi yang dahulunya dipahami hanya terbatas pada kemampuan membaca, menulis dan berhitung, kini diperluas maknanya sebagai instrumen untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas hidup.

Fokus literasi yang demikian juga menjadi arah ke depannya. Demikian pula bahwa praktik literasi akan menjadi prioritas dalam pembangunan ekonomi dengan transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial, sebagaimana yang disampaikan oleh Perpustakaan Nasional dan Bappenas baru-baru ini melalui berbagai media nasional.

Sebagai lembaga yang senantiasa menyediakan akses informasi dan pengetahuan, Dispustaka Enrekang tentunya punya peran yang strategis dalam membangun masyarakat yang berliterasi (literat). Hal ini dapat diawali dengan membangun nuansa yang mendukung kultur literasi, baik melalui kegiatan, kebijakan maupun kemitraan. Untuk itulah, salah satu yang akan dilaksanakan oleh Dispustaka adalah mengadakan kegiatan Pekan Literasi 2018.

Kegiatan yang pertama kali diusung tahun lalu ini, akan mengangkat tema “Literasi dan Ekonomi Kreatif” yang di dalamnya akan diisi dengan berbagai kegiatan. Pemilihan tema ini berlatar dari munculnya geliat ekonomi yang digerakkan secara kreatif oleh berbagai pelaku usaha. Ini juga terlihat di Enrekang, para pemuda dan generasi milineal mulai membangun usaha yang berangkat dari pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi. Tentu semangat yang muncul ini akan mendorong perekonomian warga yang berbasis digital dan industri kreatif. Kemampuan tersebut muncul karena adanya keterampilan memanfaatkan informasi secara positif dan kreatif, baik melalui bacaan tercetak hingga media digital.

Kegiatan ini diadakan dari tanggal 19-24 Maret 2018, dengan beberapa kegiatan diantaranya:

Seminar “Literasi dan Ekonomi Kreatif” (Senin, 19 Maret 2018)
Workshop Internet Marketing (daftar di sini) – Selasa, 20 Maret 2018
Workshop Menulis Artikel untuk Pemula (daftar di sini) – Rabu, 21 Maret 2018
Workshop Menulis Artikel untuk Lanjutan (daftar di sini) – Kamis, 22 Maret 2018
Workshop Menulis Puisi dan Cerpen (daftar di sini) – Jumat-Sabtu, 23-24 Maret 2018
Diskusi Literasi
Panggung Literasi (21-24 Maret 2018)
Pameran Buku/Produk Lokal (19-24 Maret 2018)

Segera daftarkan diri Anda. Batas pendaftaran workshop sampai pada Selasa, 20 Maret 2018.

Narahubung: 081355293479 (Naim) – 08114106462 (Irsan)

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *